Hidup Dengan Kepalsuan

Supraku bulan lalu ganti oli. Biayanya 50ribu-an. Agak mahal rasa-rasanya, saya coba mampir tokopedia ternyata harga kebanyakannya 25k saja. Wah dasar bengkel sial, biaya jasanya mahal juga, begitu batin saya berkata.

Sampai kemarin akhirnya saya melakukan pencarian di youtube dan google. Ternyata oli 25.000 itu bisa dipastikan oli palsu. AHM sebagai perusahaan pembuat oli MPX 1, tidak menjual oli itu dibawah harga 40ribu. Artinya jika ada yang harganya di bawah itu perlu dicurigai.

Apa masalahnya dengan oli palsu? Kalau dari testimoni orang-orang di youtube dan juga video investigasi Kompas.id di atas itu, ada yang olinya menjadi keras, ada yang olinya kering jadi jelly, dan banyak yang mesinnya mati tidak bisa nyala dan harus turun mesin. Oh no.

Akhirnya saya rasa biaya 50ribu yang kemarin juga disebutkan oleh bengkel dekat rumah saya itu masuk akal. Namun, gimana cara cek kalau olinya asli?

Nah, di video diatas dijelaskan bahwa ada barcode utk scan keaslina. Websitenya akan masuk ke ahm.to namun para pembajak juga bikin website ahmto.top dengan tampilan yang sangat mirip. Nah ini pelajaran penting yang saya dapat dari video itu, jadi sebelum diisi, pinjem dulu wadah olinya terus di scan.

Besok mau saya coba, soalnya Supra sudah mulai berat mesinnya. Bismillah.

Pondok Cabe, 13 Maret 2023
Nihan Lanisy


Posted

in

by

Tags: